Wagub Emil Pastikan PPKM Diperpanjang Untuk Daerah Zona Merah

Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak

Liputanjatim.com – Wagub Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menanggapi berkenaan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diperpanjang hingga 8 Februari 2021 oleh pemerintah pusat. Menurutnya, pihaknya akan berkordinasi dengan Satgas Covid-19 dan BNPB mengenai hal tersebut.

“Penerapan zona merah berkaitan dengan penentuan kriteria yang ditetapkan Satgas Covid-19 dan BNPB. Dalam hal ini posisi kita adalah daerah yang bertambah masuk zona merah diikutsertakan di dalam PPKM,” kata Wagub Emil di Surabaya, Jumat (22/1/2021).

(Baca Juga: https://www.liputanjatim.com/ini-alasan-pemkot-surabaya-tutup-jalan-darmo-dan-tunjungan/)

Sementara untuk daerah yang tidak lagi masuk kategori zona merah, menurut Emil, Pemprov Jatim masih akan membahasnya apakah diperpanjang atau tidak.

Hal ini berkenaan dengan adanya kriteria-kriteria dari pemerintah pusat terkait pengendalian penyebaran Covid-19 yang harus dipenuhi oleh Kabupaten/Kota terlebih dahulu. Jika tidak masuk dalam daerah yang menerapkan PPKM.

“Adapun daerah yang zona merah tadinya, tetapi sekarang tidak dan masuk PPKM akan kita bahas seksama. Karena ada kriteria-kriteria lain yang diharapkan bisa dipenuhi untuk daerah tersebut dikarenakan wabah Covid-19 sudah bisa terkendali,” tambahnya.

Untuk diketahui, di Jatim sendiri melihat dari data terbaru, terdapat 7 Kabupaten/Kota yang masuk kategori zona merah. Yakni Kota Madiun, Nganjuk, Ponorogo, Trenggalek, Magetan, Ngawi, dan Kabupaten Madiun.

Dari 7 daerah yang jadi zona merah ini, hanya kota Madiun, Nganjuk, Ngawi dan Kabupaten Madiun yang telah menerapkan PPKM. Sementara Ponorogo, Trenggalek dan Magetan belum menerapkan sama sekali.

Sedangkan untuk daerah yang menerapkan PPKM sebanyak 15 kota/kabupaten diantaranya Kota Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Lamongan, Ngawi, Kabupaten Blitar, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Nganjuk dan Kabupaten Kediri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here