Sempat Lumpuh, Jalur Bondowoso-Ijen Normal Kembali

Tanah Longsor jalan ijen, Foto istimewa

Bondowoso, Liputanjatim.com – Jalur Bondowoso menuju Kecamatan Ijen diterjang longsor pada Minggu (7/1/2018). Longsor tersebut juga sempat menyebabkan jalur Bondowoso-Ijen lumpuh.

“Sempat lumpuh tapi sejak tadi malam sudah bisa dilalui. Namun harus tetap waspada,” tutur Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Jawa Timur, Winarto, Senin (8/1/2018).

Menurut Winarto, ada beberapa titik longsor yang terjadi di sepanjang jalur Bondowoso menuju Ijen. Namun yang paling parah kata dia, ada tiga titik yakni di pos Malabar, arah menuju air terjun Blawan dan akses menuju wisata pemandian air hangat di Blawan.

“Untuk yang akses menuju air terjun, saat ini masih lumpuh,” jelas Winarto.

Saat ini lanjut Winarto, BPBD Bondowoso telah mengirimkan alat berat untuk membersihkan bebatuan dan material yang terbawa. Selain itu, tim penanganan  juga terus bekerja menangani jalur yang belum bisa dilalui.

“Tim masih terus bekerja. Sejak semalam, alat berat juga sudah kirim keatas,” katanya.

BPBD Bondowoso resmi memperpanjang status siaga darurat bencana banjir, longsor dan angin puting beliung hingga 29 Februari 2018.

“Perpanjangan status siaga darurat bencana kami ambil setelah berkoordinasi dengan BMKG. Dari situ, kami melihat hingga bulan depan intensitas hujan di Bondowoso masih cukup tinggi,” kata Winarto.

Selain longsor di Kecamatan Ijen, banjir bandang juga menerjang Kecamatan Klabang dan menyebabkan jembatan di Durin menuju Botolinggo terputus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here