Opersai Lilin Semeru di Kabupaten Malang Prioritaskan Tiga Sasaran

-

Malang, Liputanjatim.com – Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, SH, SIK, MSi, menyebutkan, ada tiga sekala prioritas yang menjadi sasaran operasi Lilin Semeru 2017 di Kabupaten Malang, yakni keamanan dan ketertiban lalu lintas (kamtibcarlantas), ancaman teror dan stabilitas harga pangan.

Yade Setiawan, Kamis (28/12/2017) pagi, mengingatkan tiga sasaran itu menjadi fokus operasi Lilin Semeru 2017 agar masyarakat aman dan nyaman dalam menjalankan Natal hingga Tahun Baru.

Masalah kamtibcarlantas, Kapolres minta kepada seluruh personel agar delapan black spot yaitu daerah rawan keamanan dan kemacetan karena menjadi berkumpulnya massa, benar-benar diatasi dengan serius.

Delapan black spot itu diantaranya pasar Lawang, pasar Singosari, pasar Kepanjen dan lainnya hingga pantai Balekambang. “Untuk pantai Balekambang misalnya, saya minta jangan sampai terulang lagi seperti tahun lalu dimana arus lalu lintas crowdet, macet dan baru terurai mulai jam 10.00 pagi,” tegasnya. Untuk itu, Kapolres minta agar arus masuk dan keluar di kawasan itu harus sudah diatur mulai sekarang.

Untuk ancaman terorisme, meski dalam sejarah belum pernah terjadi di wilayah Kabupaten Malang, namun Kapolres minta kepada anggotanya untuk tidak meremehkan. Kewaspadaan harus ditempatkan paling atas karena terorisme sekarang sudah tidak lagi menggunakan bom saja, namun juga bisa dengan menabrakkan kendaraan, menggunakan senjata tajam dan sebagainya.

Itulah sebabnya, ia memerintahkan kepada seluruh anggotanya selalu membawa senjata mulai dari pentungan hingga senjata api. “Pokoknya kita jangan sampai konyol,”  tegasnya.

Soal operasi stabilitas bahan pangan, anggotanya juga diminta untuk jeli mengamati dan melakukan tindakan hukum bila terjadi perubahan yang mengagetkan masyarakat. Misalnya, lanjut dia, bila harga beras Rp 10 ribu perkilo gram, tiba-tiba menjadi Rp 12 ribu per kilogram, maka polisi terutama intel dan reskrim harus segera nyala alarmnya.

“Analisa dan evaluasi kemudian segera ambil tindakan secara hukum. Apakah hal itu karena ada permainan kartel, tengkulak atau yang lain. Sebab bulog sudah menjamin bahwa 11 bahan pokok sudah terjamin,” ujarnya.

Kapolres juga mengharap agar anggotanya melakukan penindakan terhadap kejahatan-kejahatan ekonomi lainnya, seperti pengoplosan gas LPG.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here