Muhdlor Ali-Subandi Keluar Sebagai Pemenang di Pilkada Sidoarjo

rapat pleno KPU Sidoarjo

Liputanjatim.com – Rekapitulasi tahap akhir penghitungan suara pada Pilkada Sidoarjo sudah selesai. Hasilnya, pasangan calon Muhdlor Ali-Subandi keluar sebagai pemenang dengan mendapat perolehan suara 39,8 persen. Sementara pesaingnya Bambang Haryo-Taufikqulbar mendapat perolehan suara sebesar 38,8 persen dan Kelana-Dwi Astutik hanya memperoleh suara 21,8 persen.

Kemenangan paslon yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut tersebar di 10 kecamatan diantaranya Kecamatan Tulangan, Porong, Sukodono, Prambon, Krembung, Candi, Krian, Taman, Buduran, dan Sedati. Total keseluruhan dari 10 kecamatan tersebut adalah 387.766 suara.

Sementara BHS-Taufik hanya memperoleh kemenangan di 8 kecamatan yakni Tarik, Jabon, Tanggulangin, Wonoayu, Balungbendo, Gedangan, Waru dan Kota Sidoarjo dengan total perolehan suara sebanyak 373.516.

“Hasil rekapitulasi di kantor KPU, paslon Bambang Haryo Soekartono-Taufikqulbar mendapatkan 373.516 suara. Sementara itu paslon Ahmad Muhdlor Ali-Subandi memperoleh 387.766 suara. Sedangkan paslon Kelana Aprilianto-Dwi Astutik 212. 594 suara,” ungkap Ketua KPU Sidoarjo, Muhammad Iskak usai rekapitulasi di KPU Sidoarjo, Rabu (16/12/2020) malam.

(Baca Juga: https://www.liputanjatim.com/pengedar-pupuk-palsu-non-subsidi-di-madiun-berhasil-ditangkap-polisi/)

Menurut Iskak, saat proses rekapitulasi dilakukan para saksi dari ketiga calon hadir dalam kesempatan tersebut. Dan tidak ada yang menyatakan keberatan dengan hasil rekapitulasi tersebut.

“Untuk sementara hingga selesainya rekapitulasi belum ada pihak salah satu saksi paslon yang keberatan dengan hasil rekapitulasi ini,” beber Iskak.

Namun, menurut Iskak, pihaknya tidak akan keberatan jika salah satu paslon melakukan gugatan dengan adanya selisih suara antara paslon BHS-Taufik dan Ahmad Muhdlor-Subandi yang terbilang tipis. Yakni hanya selisih 14.250 suara atau sekitar 1,4 persen.

“Kami siap apabila ada paslon yang melakukan gugatan, namun kami batasi tiga hari,” tandas Iskak.

Untuk diketahui, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pilkada 2020 di Sidoarjo mencapai 1.404.887 pemilih. Dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 692.500, dan pemilih perempuan 712.387 pemilih. Dan ada 3.531 TPS yang tersebar di 18 Kecamatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here