5 Poin Rekomendasi Hasil Muswil PKB Jatim, Dari Khidmat Kepada NU Hingga Gus Ami Maju Capres

Liputanjatim.com – DPW PKB Jawa Timur menggelar konfesensi pers (11/1/2021) hasil dari Musyawarah Wilayah (Muswil) yang sudah diselenggarakan pada hari Sabtu 9 Januari 2021 kemarin. Konferensi pers tersebut dalam rangka mensosialisasikan lima rekomendasi hasil Muswil untuk diimplementasikan dalam bentuk kebijakan politik PKB lima tahun ke depan.

Sekretaris DPW PKB Jawa Timur, Anik Maslachah mengatakan bahwa rekomendasi yang disampaikan oleh  para peserta muswil pertama adalah terkait khidmat PKB kepada NU. Rekomendasi terbut tidak lepas untuk memperjuangkan aspirasi politik warga nahdliyin di pemerintahan. “Ada tiga poin disini, bantuan untuk pesantren dan madrasah, insentif guru ngaji, penguatan dan peningkatan one pesantren one product,” ungkapnya.

Kedua adalah PKB sebagai partai advokasi. Menurut Anik, tugas dari kader-kader PKB yang sudah ada di parlemen dan kepala daerah untuk bisa memastikan bahwa warga tidak mampu bisa mendapatkan haknya berupa program bantuan dari pemerintah. Selain itu juga, DPW dan PKB juga mendirikan Griya Curhat Keluarga (GCK). Griya tersebut sebagai rumah curhat dan advokasi perempuan dan anak korban kekerasan dalam rumah tangga.

“ketiga adalah memastikan rakyat, khususnya kelompok terbawah, menjadi penerima manfaat terbesar setiap Kebijakan dan program pemerintah,” sambung Wakil Ketua DPRD Jawa Timur.

Lebih lanjut, poin yang ke empat adalah politisi PKB harus bisa menggerakan potensi ekonomi lokal dengan cara memberikan perlindungan kepada para petani, memberikan bantuan permodalan untuk petani, nelayan dan pelaku UMKM serta optimalisasi peran BUMDes.

Sedangkan rekomendasi yang terakhir adalah merebut kepemimpinan lokal dan nasional. Poin terakhir tersebut kata Anik terkait dengan kewajiban kader PKB untuk ikut kontestasi pemilihan bupati dan pencalegkan di setiap daerah dan tingkatan. “Tidak hanya itu, kita juga mendorong, Gus Ami (Abdul Muhaimin Iskandar, Ketua DPP PKB) untuk maju sebagai Capres 2024, karana sudah waktunya untuk Gus Ami dan PKB memimpin Indonesia,” pungkasnya.

Turut hadir pengurus DPW PKB Jawa Timur dalam konferensi pers diantaranya Fauzan Fuadi, Aliyadi Mustofa, Syamsul Arifin, Ibenk Firdaous, Ahmad Rusyad Manfaluthi, Lailatul Qodriyah, Laila Mufidah, Dewi Mariya Ulfa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here