Istiqomah Berkhitmad di PKB dan Ansor, Gus Yaqut Ditunjuk Gantikan Menag Fahrul Rozi

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut

Liputanjatim.com – Presiden Jokowi baru saja mengumumkan nama-nama yang akan menjabat sebagai menteri di dalam Kabinet Indonesia Maju. Salah satunya menunjuk Yaqut Cholil Qoumas atau akrab dikenal Gus Yaqut sebagai Menteri Agama menggantikan Fahrul Razi.

Pria kelahiran Rembang, 4 Januari 1975 ini merupakan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Berkenaan dengan pendidikannya, dikutip dari laman Wikipedia, Gus Yaqut mengenyam pendidikan di SDN Kutoharjo (1981-1987), dan melanjutkan pendidikannya ke SMPN II Rembang (1987-1990), dan meneruskan pendidikannya ke SMAN II Rembang (1990-1993). Sementara gelar sarjananya diraih saat di Universitas Indonesia jurusan Sosiologi.

Saat menjadi mahasiswa di UI, Menteri Agama ini sudah aktif berorganisasi dan mendirikan Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Depok (1996-1999).

(Baca Juga: https://www.liputanjatim.com/mas-atho-ajak-influencer-memperkenalkan-wisata-dan-produk-umkm-jombang/)

Karir politiknya dimulai saat Gus Yaqut diamanahi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Rembang pada periode 2001-2014. Pada 2005 silam, Gus Yaqut terjun ke arena politik praktis dan menjadi anggota DPRD Kabupaten Rembang. Di tahun yang sama, Gus Yaqut mendapat amanah untuk menjadi Calon Wakil Bupati dan menjadi wakil Bupati Rembang pada periode 2005-2010.

Tanggung jawab besar diberikan oleh PKB saat dirinya ditunjuk untuk menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua DPW PKB Jawa Tengah dari tahun 2012 hingga 2017.

Di sela-sela kesibukannya mengurus partai, Gus Yaqut semakin diberikan amanah untuk mengomandoi organisasi sayap kepemudaan terbesar dan tertua di Indonesia yaitu Gerakan Pemuda (GP) Ansor pada 2015 lalu sebagai ketua umum.  

Rupanya rihlah perjuangannya di partai maupun di GP Ansor secara perlahan juga menaikkan karir politik Gus Yaqut. Hal ini terbukti tatkala dirinya ditunjuk untuk menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019 sebagai Pergantian Antar Waktu (PAW) menggantikan Hanif Dhakiri yang dilantik menjadi Menteri Tenaga Kerja di Kabinet Kerja Presiden Jokowi.

Memasuki tahun 2019 dimana pesta demokrasi pemilihan legislatif dimulai, Gus Yaqut kembali lolos sebagai anggota DPR RI dari PKB ke senayan dan diberi amanah sebagai wakil Ketua Komisi II.

Dan, di masa pemerintahan Jokowi dengan Kabinet Indonesia Maju kali ini Gus Yaqut diamanahi untuk mengisi jabatan Menteri Agama yang sebelumnya dijabat oleh Fahrul Razi.

“Yang keempat adalah Bapak Yaqut Cholil Qoumas beliau adalah tokoh muslim dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Dengan ditunjuknya Gus Yaqut yang asli kader PKB tersebut sebagai Menteri Agama maka secara otomatis menggugurkan kader dari PPP yang selalu menghiasi kursi menteri Agama tersebut.

Sebelumnya, beredar nama Yahya Cholil Staquf yang menggantikan Fahrul Razi sebagai Menteri Agama. Namun Jokowi menunjuk Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut, anggota Fraksi PKB yang juga Ketum GP Ansor sebagai menteri Agama. Gus Yaqut merupakan putra dari KH Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri PKB dan saudara dari Yahya Cholil Staquf, Khatib Aam PBNU.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here