BPBD Jatim Kirim Bantuan ke Pengungsi Letusan Gunung Agung di Bali

Ilustrasi Foto Pengungsi Gunung Agung Bali

Surabaya, Liputanjatim.com – Status Gunung Agung yang terus meningkat, membuat BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jawa Timur bertindak cepat dengan mengirimkan sejumlah bantuan.

BPBD mengirimkan mobil dapur umum dan tim operasional untuk membantu memenuhi logistik ke lokasi pengungsian yang terdampak akubat letusan Gunung Agung, Bali.

“Sudah kami kirim dan siagakan dua unit mobil dapur umum ke pengungsian yang sekali memasak bisa mencapai 2 ribu bungkus,” ujar Kepala BPBD Jatim Sudharmawan ketika dikonfirmasi di Surabaya, Rabu, 27/09/2017.

Tim relawan asal Jatim juga telah diberangkatkan ke lokasi pengungsian di Bali untuk membantu segala keperluan bagi pengungsi, ujarnya.

Selain itu, BPBD juga menggelar rapat koordinasi mengantisipasi dampak yang akan ditimbulakan oleh letusan Gunung Agung, di wilayah timur Jatim yang berbatasan dengan Bali.

Rapat kordinasi ini dilakukan bersama Pemerintah Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Lumajang, serta Kabupaten Banyuwangi.

“Kami belum bisa memprediksi dampaknya terhadap Jatim, terutama yang berbatasan dengan Bali, soalnya tergantung arah angin,” ucap mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Bangkalan tersebut.

Perlu diketahui, status Gunung Agung saat ini diakkan dari level siaga (Level III) ke Awas (Level IV), maka hal yang paling ditunggu adalah terjadinya letusan, karena Level IV itu sudah paling tinggi.

Sementara itu, berdasarkan data yang disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) hingga Selasa (26/9) pukul 12.00 WITA, jumlah pengungsi Gunung Agung di Bali yang dicatat oleh Pusdalops BPBD Bali mencapai 75.673 jiwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here