LIPUTAN JATIM

Setelah Makesta, Pelajar di Babat Wajib Dirikan IPNU-IPPNU di Desa, Sekolah, dan Pondok Pesantren

Foto Kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) Minggu, (24/03/2019). Foto Istimewa

Liputanjatim.com – Pelajar merupakan generasi yang akan meneruskan perjuangan bangsa ini. Dalam Nahdlatul Ulama (NU), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) adalah tonggak NU di masa mendatang yang nantinya akan memegang estafet kepengurusan di masa depan.

Oleh sebab itu, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kedungpring masa Khidmat 2018-2020, menyelenggarakan proses kaderisasi Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) selama 2 hari. Kegiatan yang di ikuti kurang lebih 35 kader dari berbagai desa, sekolah, dan pondok pesantren di kecamatan Kedungpring ini dilaksanakan pada tanggal 23-24 Maret 2019 yang bertempat di Pondok Pesantren Al Falah Maindu Kedungpring.

“Peserta Makesta hari ini yang dinyatakan lulus, wajib mendirikan organisasi IPNU-IPPNU di Desa,Sekolah dan Pondok Pesantren yang dalam hal ini menjadi persyaratan wajib untuk mengambil sertifikat Makesta. Kenapa seperti itu, karena ingin menunjukkan bahwa NU di kecamatan Kedungpring itu besar, tapi dalam hal kultural bukan structural,” kata Abdul Aziz selaku Ketua PAC IPNU di hadapan peserta Makesta IPNU-IPPNU Kedungpring Cabang Babat, Minggu (24/03/2019).

Hal itu diamini oleh Pengurus Pondok pesantren Al Galah Maindu Kedungpring. Peserta yang berasal dari sekolah dan pesantren itu diwajibkan untuk mendirikan komisariat di sekolah dan pesantren di daerah masing-masing.

“Saya instruksikan kepada yang ikut Makesta hari ini untuk langsung membentuk komisariat di pondoknya masing-masing. Dan juga langsung membuat Makesta di desa dan sekolahnya masing-masing paska setelah kegiatan ini. PC IPNU-IPPNU Babat akan mengawal hingga semua komisariat di Kedungpring berdiri,” tegasnya.

Ketua PAC IPPNU Kedungpring, Iin Imroatun Najibah, dalam kegiatan ini juga ikut menegaskan bahwa semua harus bergerak dan merasa memiliki NU. Tentu hal itu dimulai dari ikut menjadi anggota ataupun bagian dari IPNU dan IPPNU.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan Makesta mengingatkan kepada peserta untuk berfikir cepat dan maju, karena dunia global hari ini berkembang begitu cepat, sehingga anggota IPNU IPPNU harus siap menerima semua tantangan dengan baik. Oleh sebab itu, IPNU-IPPNU juga harus mengepakkan sayapnya ke sekolah umum baik sekolah Swasta maupun Negeri.(Aan Andri)

Exit mobile version