6 Pasangan Kepala Daerah Dilantik Hari Ini Di Gedung Grahadi

Pelantikan enam kepala daerah pada sesi pertama di Gedung Grahadi

Liputanjatim.com – Sebanyak 6 pasangan Kepala Daerah periode 2021-2024 dilantik hari ini di Gedung Negara Grahadi. Pelantikan pada sesi pertama tersebut berlangsung pada pukul 09.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Pelantikan keenam pasangan kepala daerah tersebut diantaranya Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan Lisdyarita, Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek M Nur Arifin dan Syah M Natanegara, Bupati dan Wakil Bupati Situbondo Karna Suswandi dan Khoirani.

Selanjutnya ada Bupati dan Wakil Bupati Sumenep Ahmad Fauzi dan Dewi Khalifah, Bupati dan Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono dan Dwi Rianto Jatmiko, serta Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan Sugirah.

Gubernur Jawa Timur Khofifah dalam sambutannya menyampaikan pesan dari Presiden Jokowi. Adapun pesannya salah satunya agar seluruh kepala daerah yang terpilih bisa bekerja dengan cepat dan detail.

“Saya juga ingin menyampaikan pesan dari Bapak Presiden bagaimana seluruh kepala daerah, gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan walikota dan wakil walikota agar bekerja cepat dan detail. Saya menambahkan cepat, tepat dan detail,” kata Khofifah dalam sambutannya, Jumat (26/2/2021).

(Baca Juga: https://www.liputanjatim.com/bacok-polisi-saat-hendak-ditangkap-2-pelaku-curanmor-dihadiahi-timah-panas/)

Khofifah menambahkan, pada pilkada serentak 2020 yang bertepatan dengan pandemi Covid-19 rupanya meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menyalurkan suaranya.

“Dari desk Pilkada Jatim angka partisipasi masyarakat saat pilkada serentak di masa pandemi Covid-19 Desember lalu mencapai 67,68 persen,” paparnya.

Bahkan, menurut Khofifah, tingginya angka partisipasi masyarakat lebih tinggi ketimbang masa pilkada sebelum pandemi.

“Dan itu melebihi pada pilkada serentak 2018 yang tidak di musim pandemi Covid-19. Waktu itu 66,92 persen,” tandasnya.