Pemprov Jawa Timur Akan Gelontorkan Pinjaman 100 Miliar Untuk Para Petani di Jawa Timur

Ilustrasi gambar Petani

Liputanjatim, Surabaya – Pemprov Jawa Timur (Jatim) akan menggelontorkan pinjaman lunak Rp100 miliar untuk 13 gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Jawa Timur. Dana ini diberikan sebagai upaya untuk memberikan nilai tambah kepada para petani di Jatim.

Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan, program nilai tambah bagi petani ini telah masuk program prioritas Pemprov Jatim, di luar pengentasan kemiskinan, serta peningkatan SDM (sumber daya manusia). Harapannya, kesejahteraan petani lebih meningkat dan disparitas di Jatim teratasi.

“Konsepnya sengaja kami ubah. Kalau dulu berupa subsidi dan sekarang berupa pinjaman dengan bunga murah 6%. Ini sudah kami coba, ternyata berhasil. Sebab, bisa memberi keuntungan kepada petani hingga 66%. Kalau model subsidi, hanya 26% saja,” ungkap Gubernur Jatim Soekarwo seusai Paripurna Istimewa HUT ke-72 Jatim, Jumat (13/10/2017).

Dengan dana pinjaman ini, 13 Gapoktan tidak hanya mampu menanam saja. Tetapi juga sukses mengolah hasil tanam mereka menjadi barang jadi. Misalnya petani kopi, mereka tidak lagi menjual hasil panen dalam bentuk mentah. Tetapi sudah disangrai dan dikemas.

“Hasilnya jauh lebih menguntungkan daripada dijual mentah. Karena itu, model baru ini akan kami coba terus. Tidak hanya untuk petani kopi. Tetapi juga petani padi, jagung dan kakau,” kata Pak Dhe, panggilan akrab Soekarwo.

Untuk mendukung program tersebut, para petani juga dibelikan mesin pengolah, seperti penggilingan padi, alat pemanas hingga mesin packaging. “Jadi kalau panen tidak perlu lagi dijemur dilantai. Tetapi cukup dipanaskan dengan mesin,” tuturnya.

2 KOMENTAR

  1. Kabar baik!
    Nama saya Anita George, warga negara indonesia, saya tinggal di jl bojong tapi terung rt 003 rw 004 kel bojong tapi terung kec kec cipayung depok kota. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan nasehat konkrit kepada seluruh warga negara yang sedang mencari pinjaman agar berhati-hati karena internetnya penuh curang, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, karena keadaan keuangan saya tidak begitu baik. . dan saya putus asa, saya jatuh ke tangan makasih, dari saudi arabia dan singapura. Saya hampir meninggal, sampai seorang teman saya bercerita tentang seorang pemberi pinjaman yang sangat danal bernama Ibu. Edith Donard, pemilik sebuah organisasi global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan sebesar Rp350.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga 2% dan mengubah nyawa seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu. Edith Donard transfer saya, ketika saya menemukan saldo rekening bank saya dan menemukan jumlah yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya.

    Jadi untuk pekerjaan bagus Ibu. Edith telah melakukan dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk menceritakan dan menampung kesaksian saya tentang Ibu. Edith, jadi orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, mohon hubungi Ibu. Edith melalui email: (edithdonald05@gmail.com)

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (anitageorge658@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik Perkumpulan seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kotaku, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus memberkati Ibu. Edith untuk pekerjaan baik dalam hidupku dan keluargaku.

  2. Kabar baik!
    Nama saya Rumana mahok, warga negara Indonesia, saya tinggal di JI. H.R. Rasuna berkata, kav. 8-9 jakarta selatan 12940. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi nasehat konkret kepada seluruh warga negara Indonesia yang mencari pinjaman agar berhati-hati karena internet penuh dengan kecurangan, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, Karena keuangan saya Situasi Tidak begitu bagus dan saya putus asa, saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari arab saudi dan singapura. Saya hampir meninggal, sampai seorang teman saya bercerita tentang seorang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ibu. Antonia Barry, pemilik sebuah organisasi peminjaman global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan pinjaman sebesar Rp200.000.000,00 dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga 2% dan mengubah hidup seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu. Antonia Barry mentransfer pinjaman saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya

    Jadi untuk pekerjaan bagus Ibu. Antonia telah melakukannya dalam hidupku dan keluargaku, aku memutuskan untuk menceritakan dan membagikan kesaksianku tentang Ibu. Antonia, jadi orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, mohon hubungi Ibu. Antonia via email: (antoniabarry4@gmail.com)

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (rumanamahok4@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kotaku, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus memberkati Ibu. Antonia atas pekerjaan baiknya dalam hidupku dan keluargaku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here