Camat Wringin Bondowoso Latih Perangkat Desa Kelola DD dan ADD

Bondowoso, liputanjatim.com – Minimnya kemampuan perangkat desa dalam melakukan pengeloolan dan pertanggungjawaban Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) menjadi perhatian Kepala Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso, Mohammad R Shadik. Menurutnya, pengelolaan dan pertanggung jababan penggunana DD –ADD sangat penting untuk dipahami seluruh perangkat desa, sehingga proses pembangunan di desa berjalan sesuai dengan tujuannya.

Mengatasi permasalahan tersebut, pihak kecamatan bersama dengan pendamping desa menggelar pelatihan pengelolaan DD-ADD sekaligus proses pertanggungjawaban atau pelaporannya. Pelatihan yang diberikan berupa penyusunan program kegiatan, presentasi kegiatan dan juga evaluasi kegiatan desa. Sebab itu, perangkat desa yang terdiri dari Kaur Perencanaan, Kaur Pembangunan, Sekdes Kepala Desa dan BPD dipanggil ke kantor kecamatan untuk mengikuti pelatihan.

“Pelakasanaan ini adalah pengawasan langsung, dengan tujuan presentasi kegiatan yang terlaksana ini agar di ketahui oleh banyak pihak di desa,” ungkap Camat Shadik, Selasa (30/4/2019).

Ia  menyadari bahwa tidak semua perangkat desa mampu menjelaskan program pekerjaan yang telah dilaksanakan di desa. Padahal perangkat desa merupakan pelaksanana dari penggunaan DD-ADD.

Sementara itu, Pendamping Desa kecamatan Wringin, Ubaidillah menyampaikan program pelatihan sekaligus pengawasan pengelolaan DD-ADD yang dilakukan oleh Kecamatan Wringin merupakan inovasi baru. Dimana dua unsur pemerintahan desa dan kecamatan bersinergi.  “Program ini adalah program baru atau boleh dikatakan bentuk inovasi kegaiatan dalam pengawasan DD dan ADD, Ini adalah bentuk awal pertanggungjawaban secara lisan yang di sampaikan oleh pelaksana di desa, ” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here