Asprov PSSI Jatim Nilai GBT Layak Dijadikan Venue Piala Dunia U 20

Sekretaris Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jatim Amir Burhanuddin

Liputanjatim.com – Berkenaan dengan penunjukkan Gelora Bung Tomo (GBT) menjadi salah satu venue penyelenggara Piala Dunia U-20 2021, dianggap layak untuk ditempati. Tinggal memenuhi hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh FIFA.  

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jatim Amir Burhanuddin usai bersih-bersih dan ngecat bareng di Stadion GBT.

“Jadi kira-kira kita masih optimis (GBT) masuk 6 stadion yang akan ditunjuk, sekarang berbenah semua dan yang sedang kita lihat salah satunya GBT. Ini menunjukkan bahwa dalam 6 bulan kita akan memenuhi proses evaluasi yang akan dilakukan FIFA,” kata Amir, Jumat (8/11/2019).

Amir juga memastikan, baik Pemkot Surabaya dan Pemprov Jatim dalam waktu dekat akan menggelar pertemuan. Salah satunya membahas persiapan GBT sebagai venue Piala Dunia U-20.

“Secepatnya dalam waktu 1 atau 2 minggu ini agar satu suara, agar gerakannya searah sejalan semuanya bahwa konsentrasi kita adalah memperbaiki catatan-catatan kemarin yang diberikan FIFA termasuk di Pemkot sendiri,” tambah Amir.

Tentu, Asprov PSSI Jatim akan selalu mengikuti arahan dari Khofifah. Termasuk salah satunya arahan untuk mengatasi persoalan bau sampah di sekitar Stadion GBT.

“Kita tetap mengikuti seluruh arahan gubernur, termasuk kemarin yang disampaikan gubernur itu adalah bagian dari concern diskusi kami dengan Pemkot Surabaya. Dan Pemkot Surabaya sudah memaparkan perencanaannya akan mengatasi persoalan-persoalan yang menjadi konsentrasi diskusi saat ini, termasuk bau (sampah) dan lain-lainnya,” jelasnya.

Namun begitu, untuk penggantian stadion alternatif seperti yang diwacanakan oleh Khofifah beberapa pekan lalu dianggap Amir sudah telat.

“Usulannya terlambat, karena sebenarnya kita sudah running 3 bulan sebelum pengumuman 10 stadion kemarin,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Khofifah berharap ada stadion di Jawa Timur yang jadi venue Piala Dunia U-20 2021. Ia menawarkan 10 stadion dan salah satunya Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Namun, Khofifah mengaku mencium aroma sampah di GBT. Dikarenakan stadion dekat dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo.

“Maka dari awal saya menyampaikan opsi, inikan diajukan 10 titik, salah satunya GBT. Tetapi setelah saya sudah ke GBT, kalau sore kena angin itu suka aroma sampah,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (1/11/2019).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here